Dua Tahun Vakum, Rumah Baca “Intah Torang Babaca” Kembali Aktif Sebagai Follow Up Program Polisi Sahabat Anak

PAGIMANA, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, sulawesi.mediapatriot.co.id_Sempat vakum selama dua tahun, Rumah Baca “Intah Torang Babaca” (mari kita membaca), yang berada di Kelurahan Pakowa, Kecamatan Pagaimana, Kabupaten Banggai, kembali diaktifkan sebagai Follow Up Program Polisi Sahabat Anak.

Kapolsek Pagimana AKP Jonny Sumbung Senin (12/8), mengatakan Polsek Pagimana melalui Bhabinkamtibmas Desa Jaya Bakti dan Kelurahan Pakowa, Brigpol Hardi Mayer Peruge, terus bekerja sama dalam mengembangkan rumah baca yang bertujuan memotivasi anak-anak lewat belajar membaca.

“Keberadaan Rumah Baca ini tentunya diharapkan akan lebih membantu anak-anak dalam proses menumbuh kembangkan budaya membaca dan mengurangi buta aksara sejak dini. Serta menekan pengaruh anak bermain Game Online/ Handphone, yang cenderung di lakukan para anak di zaman ini,” terang Jonny.

Lebih lanjut dikatakan, apa yang di lakukan Bhabinkamtibmas merupakan bentuk kepedulian Polri dalam mengajak anak-anak di Kelurahan Pakowa mengisi waktu luang dengan hal positif.

“Bersama koordinator Rumah Baca, Rusli Mole, S.Pd, yang juga guru di Madrasah Aliyah Pagimana itu, Brigpol Hardi berkomitmen akan terus mengembangkan program Rumah Baca tersebut,” tambahnya.

Lokasi Rumah Baca, lanjutnya, sangat strategis. Selain membaca, Rumah Baca memberikan kesempatan pada anak untuk berekspresi menuangkan kreativitasnya dibawah pengawasan dan bimbingan Bhabinkamtibmas serta koordinator Rumah Baca.

Ia menegaskan, guna menghalau kejenuhan anak dengan psikologis anak yang terbilang masih sangat labil, sambil belajar membaca, anak-anak juga diselingi dengan bermain agar betah dan tidak bosan.

Sementara itu, untuk pengadaan buku bacaan kerja sama dengan Rumah Baca, rencananya tanggal 18 bulan ini, Brigpol Hardi bersama Rusli Mole, S.Pd akan melakukan giat serupa di Pulau Poat Kecamatan Pagimana.

“Polsek Pagimana optimis program “Intah Torang Babaca” akan terus di lanjutkan ke seluruh Desa di Kecamatan Pagimana sebagai bagian dari program “Polisi Sahabat Anak”,” tandasnya.(zdn/adm)

Editor: dewi

Related posts

Leave a Comment