Pemkab Banggai Deklarasi dan Launching Program Gerakan Moral Banggai No Plastic

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, sulawesi.mediapatriot.co.id_Setelah sebelumnya melakukan beberapa aksi, diantaranya Gerakan Moral Pia Na Sampah Ala (PINASA) atau Lihat Sampah Ambil, pembentukan Bank Sampah, membawa tas belanja ke pasar, stop penggunaan sedotan minuman plastik, dan menggunakan Tumbler air minum untuk setiap aktivitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai mendeklarasikan dan melaunching Program Gerakan Moral Banggai No Plastic.

Deklarasi dan launching yang dipimpin Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin yatim, MM, didampingi Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, ini dihadiri unsur Forkopimda Banggai dan perwakilan dari berbagai unsur masyarakat, digelar di Astaka Teluk Lalong, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, Minggu (18/08).

Foto: diskominfo banggai

Program Gerakan Moral Banggai No Plastic merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Banggai dalam mengurangi penggunaan sampah plastik oleh masyarakat.

Sampah merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-harinya. Hampir setiap kegiatan yang dilakukan manusia menciptakan sampah sebagai akhir dari kegiatan.

Foto: diskominfo banggai

Sampah plastik sendiri merupakan sampah yang sulit diuraikan. Dibutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa menguraikan sampah plastik.

Tak hanya itu, berdasarkan data BPS, INAPLAS serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, pada tahun 2015, Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Dari total 64 juta ton pertahun sampah plastik di Indonesia, 3,2 juta ton pertahunnya dibuang ke laut.(dewi/adm)

Related posts

Leave a Comment