Gunakan Alat Seadanya, Babinsa Ramil 1308-07/Pagimana Bersama Warga Padamkan Karhutla

PAGIMANA, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, sulawesi.mediapatriot.co.id_Dengan menggunakan alat seadanya, Babinsa Ramil 1308-07 Pagimana, Sertu Marsep, bersama Babinkamtibmas Polsek Pagimana, Brigpol Fajrin; Kades Huhak, Nasirun Tanggkurang, serta masyarakat Desa Huhak, berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (10/09), di Desa Huhak, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai.

Hal ini diungkapkan Dandim 1308/LB, Letkol Inf Nurman Syahreda, SE, melalui Danramil 1308-07/Pagimana, Kapten Inf Tommy Karambut, melalui sambungan whatsapp.

Pemadaman karhutla yang terbakar pada Senin (09/09), dimulai sejak pagi hari pukul 09.00 Wita, dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00 Wita.

“Pemadaman api dengan membersihkan lahan disepanjang sungai yang kering dan membuat pembatasan lokasi agar api tidak merambat ke tempat yang lain,” ungkap Tommy.

Tommy menambahkan dampak kebakaran areal hutan dan lahan sekitar 10 hektar ini berupa asap tidak dirasakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan jarak antara lokasi kebakaran dan pemukiman masyarakat sekitar 5 km.

Foto: dokumen Kodim 1308/LB

“Dampak kebakaran berupa asap tidak dirasakan masyarakat karena lokasi kebakaran berjarak 5 km dari pemukiman warga. Aktivitas masyarakat dan transportasi sepanjang jalan Pagimana-Luwuk pun berjalan normal,” tandasnya.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banggai, AKBP Moch. Sholeh, SIK, SH, MH, melalui Kapolsek Pagimana, AKP Jhony Sumbung, mengungkapkan kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 Wita, dilahan kebun kelapa milik Ko Since, yang merambah sampai ke hutan Desa Huhak.

Jhony menuturkan, berdasarkan keterangan warga, penyebab kebakaran diduga akibat puntung rokok yang dibuang oleh pengguna jalan, kemudian mengenai dahan yang kering sehingga terjadi nyala api yang mengakibatkan terbakarnya pohon kelapa milik Ko Since.

Jhony menambahkan titik api berada diberbagai titik, yakni Desa Pisou, Desa Tintingan, Desa Bondat, Desa Huhak serta Desa Siuna.(dewi/adm)

Related posts

Leave a Comment